Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perangkat Kelas Kurikulum Merdeka tahun 2023 Semua Jenjang

    


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam jumpa kembali Bapak Ibu menjawab beberapa pertanyaan dari para guru hebat di kolom-kolom komentar banyak sekali yang menanyakan tentang perangkat ajar kurikulum Merdeka bentuknya seperti apa terus nanti kami bisa memperolehnya dari mana maka kami membuatkan artikel ini supaya nanti bisa membantu bapak ibu Amin Allahumma Amin.

    Seperti yang telah narasumber sampaikan di beberapa kemarin bahwa untuk kurikulum Merdeka ini nanti pemerintah ingin mempermudah bapak ibu tentang perangkat ajar semuanya nanti akan dipersiapkan oleh pemerintah baik itu berupa bukunya, buku siswa buku guru maupun modul ajarnya termasuk modul proyeknya.

    Kemarin hari Kamis kami Mengikuti sosialisasi tentang program kontribusi perangkat ajar bahwa disampaikan sementara di bab kemerdekaan mengajar itu sudah tersedia 2000 perangkat ajar dan dalam waktu dekat pasti akan selalu bertambah karena kemarin hari Kamis pemerintah sudah membuka peluang pihak-pihak yang ingin menjadi kontributor yang ingin berkontribusi menyusun perangkat ajar, yang nanti akan diupload dan disediakan di situs mengajar Jadi Bapak Ibu tidak usah khawatir tentang perangkat ajar, apalagi tidak usah beli, kalau disuruh banyak sekali tawaran tentang perangkat ajal kurikulum Merdeka disuruh membeli dan ternyata masih banyak yang laku .Sekali lagi kami sampaikan untuk perangkat ajar nggak usah bingung kalau nanti sudah disediakan oleh pemerintah. Bapak itu nanti tinggal download, memakai dan menyesuaikan kalau sudah sesuai ya nggak usah diedit tinggal memakainya. sebagai yang pertama modul ajar, kedua modul proyek dan yang ketiga bahan ajar.

Kemudian untuk perangkat ajar yang pertama 

Modul ajar adalah dokumen yang berisi tentang tujuan langkah dan media pembelajaran serta assessment yang dibutuhkan dalam satu topik pembelajaran , kalau di Kurikulum 2013 ini mirip sekali dengan RPP Anggap saja adalah RPP plus, kemudian modul proyek yaitu dokumen sama seperti modul ajar tapi nanti kita gunakan dalam rangka pelaksanaan penguatan profil Pancasila.

Bahan ajar adalah materi pembelajaran untuk membahas suatu pokok bahasan bisa berupa artikel komik infografis maupun berupa audio dan visual.

    Ketika ketiganya ini sudah ditawarkan kepada berbagai macam pihak baik itu secara individu maupun kelembagaan untuk menjadi kontributor penyusun ini semua jadi nanti pihak-pihak tersebut akan menyusunkan modul belajar dan belajar yang pada akhirnya kita bisa gunakan secara bebas serta tinggal mendownload yang penting kita punya akun untuk mengakses platform tersebut yaitu platform Merdeka mengajar. Bapak Ibu bisa mengecek nanti buka di website www.guru.kemdikud.go.id  dan kemudian nanti Bapak Ibu bisa memilih yang bahan ajar, karena di situs ini isinya bukan hanya tentang perangkat aja tapi juga ada tentang pelatihan Mandiri ada informasi tentang kurikulum Merdeka ada juga informasi tentang asesment nanti semuanya ada di sini .

    Berdasarkan info hari Kamis kemarin bahwasanya jumlah perangkat aja saat ini yang tersedia baru sekitar 2000 jumlahnya bisa dilihat pada bagian ini. Bapak Ibu yang terbanyak sementara masih pai kemudian matematika juga lumayan banyak Nanti bisa Bapak Ibu lihat, dan memang belum semua mata pelajaran ada tapi nanti setelah para kontraktor bekerja nanti Insyaallah semuanya sudah tersedia Kemudian untuk jumlah perangkat ajar di berdasarkan jenjang yang terbanyak adalah kelas 10 SMA kemudian kelas 7, kelas 4, dan kelas 1. kita gunakan kalau belum cocok bisa kita edit sesuai dengan karakteristik sekolah dan peserta didik kita masing-masing. 

Bagaimana cara mengakses akun Merdeka mengajar ?

    Tentunya kita harus punya akun dulu dan akunnya ini nanti harus kita tautkan dengan email yang berakhiran belajar.id (ini untuk Dinas Pendidikan) Kemudian untuk sekolah dan madrasah yang dibuat Kemenag nanti harus punya email yang berakhiran (Madrasah.kemena.co.id).

Bagaimana cara memperolehnya ini ?

Operator sekolah atau operator Madrasah satuan pendidikan nanti Membuka halaman ini di situ sudah ada akun-akun user ID plus-plusnya tinggal diunduh dan hasil unduhan Tadi nanti dibagikan ke masing-masing guru sehingga bapak ibu guru dan tenaga kependidikan akan mendapatkan username dan juga password yang berakhiran dengan tadi .

Kalau dari dinas adalah belajar.id Madrasah adalah madrasah.kemenag.co.id

Nanti setelah mendapatkan akun bisa masuk dan mengakses platform Merdeka mengajar dan banyak sekali diperlukan oleh guru madrasah , memang mungkin ini sosialisasinya .Semoga ada manfaatnya kalau ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.